Wednesday, February 22, 2017

Bahaya Asam Urat

Bahaya Asam Urat - Asam urat adalah salah satu penyakit yang bisa dikatakan berbahaya dan dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang mengancam nyawa. Untuk mengetahui daftar lengkap bahayanya, silahkan simak informasinya berikut ini.

Obat Asam Urat di Apotik


Asam urat atau dalam istilah kedokteran disebut gout adalah penyakit yang terjadi ketika asam urat, produk limbah yang normal, menumpuk dalam darah dan membentuk kristal pada sendi atau ginjal. Asam urat biasanya larut dalam darah, memproses melalui ginjal, dan meninggalkan tubuh melalui urin. Jika tubuh membuat asam urat ekstra, atau jika ginjal tidak dapat cukup jelas, maka kadar asam urat dalam darah akan menjadi terlalu tinggi, kondisi yang dikenal sebagai hyperuricemia.

Hyperuricemia bukanlah penyakit dan tidak menimbulkan masalah, tetapi jika terus berlangsung dalam waktu yang lama, kristal dapat terbentuk dan menyebabkan asam urat. Kebanyakan ahli merekomendasikan bahwa kadar asam urat tetap di bawah 6,0 mg / dL untuk mencegah terjadinya penyakit asam urat. Penyakit ini berasal dari pemecahan purin, yaitu bahan kimia alamiah yang ditemukan pada makanan yang kita makan dan pada tubuh kita sendiri.

Makanan dan minuman yang paling berkontribusi untuk hyperuricemia dan asam urat meliputi: daging merah, daging organ, seafood, bir, minuman keras, dan makanan manis, terutama sirup jagung fruktosa tinggi. Masalah kesehatan seperti obesitas, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan peningkatan asam urat dan pengembangan penyakit asam urat. Bahkan, penggunaan obat tertentu juga dapat menyebabkan terjadinya asam urat.

Bahaya Asam Urat Bagi Kesehatan


Kerusakan sendi

Jika asam urat berlangsung dalam waktu yang lama dan tidak mendapatkan pengobatan, maka berpotensi menyebabkan kerusakan pada sendi secara permanen. Akibatnya, sendi bisa bengkok dan sulit untuk digerakkan.

Batu ginjal

Asam urat yang menumpuk pada organ ginjal sangat rentan menyebabkan timbulnya batu ginjal. Dengan adanya batu ginjal, tentu fungsi dan kinerja ginjal akan sangat terganggu.

Penyakit jantung

Penyakit asam urat sangat erat kaitannya dengan penyakit jantung, karena sebagian besar penderita asam urat merupakan penderita penyakit jantung, penyakit arteri koroner, dan darah tinggi.

Cacat

Penderita asam urat akan mengalami kesulitan untuk bergerak atau berjalan. Akibatnya aktifitas sehari-hari dapat terganggu dan dapat menyebabkan cacat permanen pada sendi yang terkena.

Diabetes

Menurut penelitian, asam urat meningkatkan risiko terjadinya diabetes hingga 20% lebih tinggi.

Gangguan tidur

Nyeri yang ditimbulkan dari asam urat dapat dirasakan sepanjang hari bahkan hingga larut malam pada waktu istirahat. Akibatnya, Anda akan mengalami gangguan tidur akibat rasa nyeri pada sendi Anda.

Itulah beberapa bahaya asam urat untuk kesehatan yang bisa Anda ketahui. Untuk menghindari semua bahaya diatas, Anda perlu memeriksakan diri secara rutin untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah yang Anda miliki.
Posted by: Aku Ingin Sehat

No comments:

Post a Comment