Header Ads

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan - Wanita hamil dan baru melahirkan selalu identik dengan berat badan yang meningkat dan tubuh yang melar. Dan sering kali, wanita tidak percaya diri dengan tubuh yang gendut setelah melahirkan.

Kenaikan berat badan pada wanita hamil dinilai wajar, karena pada saat masa kehamilan asupan energi lebih besar dibandingkan energi yang dikeluarkan. Sehingga dengan kata lain, energi banyak "ditimbun" pada masa kehamilan berlangsung. Itulah alasan mengapa kebanyakan wanita hamil selalu mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan.

Kenaikan berat badan wanita saat hamil rata-rata akan terus berlangsung hingga masa melahirkan tiba. Setelah melahirkan, berat badan wanita tidak akan langsung turun dan akan tetap bertahan selama masa menyusui. Hal ini tentu menjadi masalah yang serius, terutama pada wanita yang mementingkan penampilan dan berat badannya.

Untuk dapat menurunkan berat badannya kembali setelah melahirkan, wanita dapat melakukan beberapa hal yang dapat membantu menurunkan bobot badannya. Berikut ini adalah cara menurunkan berat badan setelah melahirkan:

Perhatikan kebiasaan makan Anda

Ketika Anda hamil, Anda mungkin mengalami peningkatan asupan makanan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Setelah melahirkan, nutrisi yang tepat masih penting terutama jika Anda menyusui. Berikut ini pilihan yang tepat demi memenuhi nutrisi sekaligus menurunkan berat badan secara bersamaan:
  • Fokus pada buah-buahan, sayuran, lemak tak jenuh tunggal, dan biji-bijian. Makanan tinggi serat - seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian menyediakan Anda dengan banyak nutrisi penting serta membantu Anda merasa kenyang lebih lama.
  • Makan dengan porsi yang lebih kecil. Makan porsi kecil dapat membantu penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan dari waktu ke waktu. Jangan melewatkan makan atau membatasi jumlah buah-buahan dan sayuran dalam diet Anda, untuk membantu menjaga berat badan Anda.
  • Hindari makanan tidak sehat. Cobalah kelilingi diri Anda dengan makanan sehat, seperti buah dan sayur. Hindari junk food dan makanan yang berlemak, selain dapat meningkatkan berat badan, juga berdampak buruk bagi kualitas air susu.
Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda

Di masa lalu, perempuan sering diberitahu untuk menunggu setidaknya enam minggu setelah melahirkan untuk mulai berolahraga. Saat ini, mungkin Anda bisa memulai olahraga lebih cepat, namun Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jika Anda berolahraga, mulailah dengan latihan ringan dan hindari aktifitas fisik yang berat sebelum kondisi Anda benar-benar pulih setelah melahirkan.

Kegiatan menyusui

Menyusui juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan yang meningkat selama masa kehamilan. Hal ini karena ketika Anda menyusui, Anda menggunakan sel-sel lemak yang disimpan dalam tubuh Anda selama kehamilan bersama dengan kalori dari diet Anda untuk bahan bakar produksi susu Anda dan bayi Anda. Sehingga secara tidak langsung, dapat menurunkan berat badan Anda.

Demikianlah cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang dapat Anda ketahui. Pada intinya, baik setelah melahirkan atau tidak setelah melahirkan, menurunkan berat badan selalu melibatkan pola makan yang sehat dan olahraga teratur, Maka dari itu, perhatikanlah kedua aspek tersebut saat Anda berencana untuk menurunkan berat badan. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu.
Baca Juga: 93 Obat Pelangsing Berbahaya 

Posted by: Aku Ingin Sehat

No comments

Powered by Blogger.