Thursday, February 16, 2017

Penyebab Gatal Selangkangan Saat Hamil

Penyebab Gatal Selangkangan Saat Hamil - Wanita hamil sangat sering mengalami gangguan gatal pada berbagai bagian tubuh, dikarenakan peregangan kulit selama kehamilan dan bisa juga disebabkan oleh penyabab lain seperti infeksi jamur.

Salah satu jenis gatal kulit yang sering dialami oleh wanita hamil adalah gatal selangkangan. Gatal selangkangan ini memang bisa terjadi pada siapa saja, tidak melulu wanita hamil saja. Namun, pada wanita hamil, gatal selangkangan lebih sering terjadi dan hampir semua wanita hamil pasti pernah setidaknya sekali mengalami gatal di daerah selangkangan.

Selangkangan atau lipatan paha adalah salah satu bagian tubuh yang tertutup dan mudah berkeringat, sehingga tidak heran jika bagian tubuh ini sering mengalami gatal karena disitulah tempat bersarangnya bakteri dan jamur. Begitupun pada wanita yang sedang hamil, selangkangan mereka sering ditempati jamur dan bakteri penyebab gatal selangkangan.

Selain karena infeksi bakteri dan jamur, faktor kebersihan tubuh yang buruk juga dapat menyebabkan terjadinya gatal di selangkangan. Oleh sebab itu, seseorang yang jorok dan tidak memperhatikan kebersihan tubuhnya, lebih rentan mengalami gatal selangkangan dibandingkan orang yang senantiasa menjaga kebersihan tubuhnya dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang paling umum dari terjadinya gatal selangkangan saat hamil:

  • Kebersihan tubuh yang buruk
  • Paparan iritasi
  • Infeksi kulit dan infeksi menular seksual
  • Infestasi parasit
  • Psoriasis di daerah selangkangan, terutama invers psoriasis
  • Dermatitis kontak


Itulah beberapa penyebab gatal selangkangan saat hamil yang perlu Anda ketahui. Selain harus memperhatikan kebersihan tubuh, Anda pun harus menghindari infeksi dari bakteri atau jamur agar tidak mengalami gatal di selangkangan. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai gatal selangkangan saat hamil.

Posted by: Aku Ingin Sehat

No comments:

Post a Comment