Tuesday, February 21, 2017

Fakta Menarik Tentang Ginjal

Fakta Menarik Tentang Ginjal - Ginjal adalah salah satu organ tubuh paling penting yang dimiliki manusia. Fungsinya begitu krusial bagi kelangsungan hidup manusia. Untuk mengetahui lebih jauh tentang organ ginjal, simak informasinya berikut ini.

Kebanyakan orang memiliki dua ginjal. Ginjal adalah organ berbentuk kacang yang terletak di kedua sisi tulang belakang, di belakang perut. Masing-masing ginjak biasanya berukuran hampir sama dengan kepalan tangan orang dewasa. Fungsi utama organ ini adalah untuk menjaga komposisi darah dalam tubuh agar tetap seimbang untuk menjaga kesehatan yang baik.

Ginjal menyaring kelebihan cairan dan racun dari darah. Menurut National Institutes of Health (NIH), ginjal menyaring sekitar 120-152 liter (113-144 liter) darah untuk membuat 1 sampai 2 liter urine setiap harinya. Setiap ginjal memiliki jutaan sistem filter kecil yang disebut nefron. Dan nefron memiliki dua bagian, yaitu glomerulus adalah bagian pertama dari nefron.

Fakta Menarik Tentang Ginjal


Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang ginjal, yang mungkin Anda tidak pernah tahu sebelumnya. Langsung saja, berikut ini adalah fakta yang menarik tentang ginjal.

Bentuknya mirip acang

Ginjal biasanya berukuran sekitar 12 cm dan berbentuk seperti kacang kecil. Ukuran tersebut membuat ginjal sama dengan ukuran kepalan tangan orang dewasa. Ginjal sering disebut organ kacang, karena kemiripan bentuk dari keduanya.

Satu ginjal sudah cukup

Satu ginjal sebenarnya mampu melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh dua ginjal. Beberapa anak bahkan ada yang lahir dengan hanya satu ginjal.

Penyaringan

Dalam satu jam saja, ginjal menerima sekitar 57 liter darah. Setiap hari, sekitar 200 liter darah disaring melalui 220 km dari tabung dalam ginjal. Ginjal bertanggung jawab untuk menjaga jumlah konstan cairan dalam tubuh. Seluruh darah Anda dalam tubuh disaring sekitar 400 kali sehari oleh ginjal. Tingkat filtrasi dari ginjal diukur dengan GFR (glomerular filtration rate).

Penuaan

Setelah usia 40, jumlah nefron dalam ginjal mulai menurun pada tingkat 1% per tahun. Meskipun dengan penurunan nefron, ginjal terus berfungsi normal. Hal ini karena ukuran nefron yang ada membesar untuk menutupi penurunan.

Vitamin D

Fakta menarik tentang ginjal lainnya adalah bahwa organ ini bertanggung jawab untuk aktivasi Vitamin D dalam tubuh. Vitamin D pada awalnya diproduksi oleh sel-sel kulit ketika mereka terkena cahaya sinar matahari. Tubuh kita telah mengembangkan sistem yang besar di mana ginjal dapat memproduksi vitamin D sendiri.

Penyakit ginjal secara global

Statistik menghitung hampir 500 juta orang di seluruh dunia mengalami bentuk tertentu dari penyakit ginjal atau kerusakan ginjal. Ini berarti sekitar 10% dari seluruh penduduk dunia khususnya orang dewasa dapat mengalami kematian akibat penyakit ginjal. baca juga Obat Ginjal Di Apotik

Transplantasi ginjal

Transplantasi ginjal biasanya akan ditempatkan di panggul sementara ginjal yang cacat atau rusak tidak akan dikeluarkan dan tetap berada dalam tubuh. Oleh karena itu, pasien transplantasi ginjal memiliki 3 ginjal di dalam tubuh mereka.

Itulah beberapa fakta menarik tentang ginjal yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah wawasan Anda, terutama mengenai organ ginjal. Sayangi ginjal Anda, dan hindari apa saja yang mungkin dapat menyebabkan terjadinya penyakit ginjal.

Posted by : Aku Ingin Sehat
Baca juga : cara menyembuhkan penyakit ginjal

No comments:

Post a Comment