Header Ads

Ciri-ciri Gejala Penyakit Gondok Yang Paling Utama

Ciri-ciri Gejala Penyakit Gondok Yang Paling Utama

Gondok merupakan salah satu jenis kelenjar yang terletak pada leher bagian depan di bawah jakun atau yang disebut kelenjar tiroid. Gondok sering disebut penyakit gondok atau gondokan, dalam bahasa medisnya gondok disebut goiter. Biasanya, gondok yang membesar tidak sakit, tetapi karena posisinya tepat ditengah leher akan sangat mengganggu proses pernapasan atau ketika menelan makanan, berasa seperti ada yang menghambat atau mengganjal.


Sebenarnya apa fungsi normal kelenjar tiroid?

Kelenjar tiroid mengeluarkan hormon yang dapat membantu mengatur fungsi tubuh, termasuk metabolisme, proses merubah makanan menjadi energi. Kelenjar tiroid juga mengatur detak jantung, pencernaan, pernapasan, dan suasana hati. Suatu keadaan yang meningkatkan ukuran tiroid disebut gondok. Gondok bisa berkembang pada siapa saja, namun lebih sering terjadi kepada wanita.

Penyebab penyakit gondok

Yodium yang tidak tercukupi merupakan penyebab utama penyakit gondok. Yodium sangat perlu untuk membantu tiroid menghasilkan hormon tiroid. Jika kekurangan yodium, maka kerja tiroid sangat ekstra keras membuat hormon tiroid, dan hasilnya kelenjar tiroid akan tumbuh lebih besar. Berikut merupakan penyebab lain dari gondokan:

-Penyakit Graves yang terjadi pada saat tiroid kebanyakan hormon dari biasanya, yang disebut sebagai hipertiroid. Bersamaan dengan itu kelenjar tiroid juga membesar.
-Bertolak belakang dengan penyakit Graves, pada penyakit Hashimoto tiroid tidak menghasilkan cukup bahkan kekurangan hormon tiroid, yang menyebabkan hipotiroidisme. Hormon tiroid yang rendah mengakibatkan kelenjar pituitari untuk membuat lebih banyak TSH atau thyroid-stimulating hormone, membuat tiroid membengkak.
-Nodul, kista cairan atau padat yang mengandung mungkin akan timbul pada tiroid sehingga mengalami pembengkakan.
-Kanker tiroid, kanker bisa memengaruhi tiroid yang bisa menyebabkan bengkak pada salah satu sisi kelenjar.
-Kehamilan, terkadang kehamilan bisa membuat tiroid menjadi lebih besar.

Ciri-ciri gejala penyakit gondok yang paling utama adalah bengkak yang terlihat pada leher tepat di bawah jakun, ketika Anda menelan, kelenjar gondok yang telah membengkak akan mengikuti gerakan naik turun. Ciri-ciri lainnya, yaitu:
-batuk
-kesusahan saat menelan atau bernapas
-suara serak
-pusing saat mengangkat tangan diatas kepala

Pengobatan Penyakit Gondok
Dokter akan memilih pengobatan yang akan diterapkan berdasarkan pada ukuran dan keadaan gondok Anda, serta gejala yang berkaitan dengan itu. Pengobatan tersebut juga atas dasar permasalahan kesehatan yang berkontribusi terhadap gondok. Berikut jenis pengobatan untuk gondokan:
-Obat gondok, apabila anda mempunyai hipotiroidisme atau hipertiroidisme, maka dengan obat-obatan yang dikonsumsi juga bisa mengecilkan gondok.
-Operasi, tiroidektomi atau dikenal dengan operasi pengangkatan tiroid merupakan pilihan saat kondisi gondok yang terlalu besar atau tidak mempan menggunakan obat.
-Yodium radioaktif, bagi orang dengan gondok beracun multinodular, RAI atau Radioactive Iodine mungkin dibutuhkan. RAI merupakan obat yang ditelan yang mampu menuju tiroid lewat aliran darah, dan akan menghancurkan kelebihan pada jaringan tiroid.

Sudah banyak yang sembuh dengan pengobatan, dan ada juga yang tidak mempan terhadap pengobatan sehingga terus membesar. Ada baiknya segera temui dokter dan konsultasikan masalah Anda.
Baca juga: Obat Gondok Di Apotik

Post: http://lovex3-yi.blogspot.com

No comments

Powered by Blogger.