Tuesday, February 21, 2017

Eksim Atopik : Gejala, Penyebab, Cara Mengobati

Eksim Atopik : Gejala, Penyebab, Cara Mengobati - Eksim adalah salah satu penyakit kulit yang sering diderita masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah. Penyakit ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat kita. 

Eksim atopik (dermatitis atopik) adalah bentuk paling umum dari penyakit eksim, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi gatal, merah, kering dan pecah-pecah. Eksim atopik lebih sering terjadi pada anak-anak, dan sering terjadi sebelum usia 1 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga dapat mengembangkan eksim atopik.

Eksim atopik ini biasanya merupakan kondisi jangka panjang (kronis), meskipun dapat terjadi secara tiba-tiba (akut) pada kasus yang jarang terjadi. Meskipun eksim atopik dapat mempengaruhi setiap bagian dari tubuh, namun paling sering mempengaruhi tangan, bagian dalam siku, belakang lutut, wajah dan kulit kepala pada anak-anak.

Eksim Atopik : Gejala, Penyebab, Cara Mengobati


Eksim atopik adalah salah satu penyakit yang mungkin tidak berbahaya, namun dapat menyebabkan penderitanya malu akibat penampilan mereka terganggu karena luka eksim sangat tidak enak dipandang. Itu sebabnya pengobatan harus dilakukan secepat mungkin untuk mengembalikan penampilan Anda yang rusak akibat penyakit eksim atopik.

Gejala eksim atopik


  • Kulit kering
  • Gatal pada kulit
  • Kulit kemerahan
  • Penampilan kulit tidak sedap dipandang


Beberapa orang penderita eksim mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali, maka dari itu pemeriksaan harus rutin dilakukan untuk mengetahui apakah Anda terkena penyakit eksim atau tidak. Pada sebagian lagi, ada yang mengalami gejala yang cukup parah.

Penyebab eksim atopik

Sampai saat ini, belum ada yang mengetahui persis apa yang menyebabkan eksim atopik, tetapi gen mungkin memainkan peran dalam terjadinya penyakit ini. Eksim kadang-kadang dapat dipicu oleh iritasi kulit yang disebabkan oleh bahan kimia, seperti deterjen, shampoo, sabun deterjen dan pelembut kain.

Cara mengobati eksim atopik

Pengobatan eksim atopik tergantung pada seberapa berat atau parah penyakit tersebut. Jika Anda menderita eksim ringan dengan hanya beberapa daerah merah dan gatal, Anda mungkin hanya disarankan untuk menggunakan lotion emolien, krim atau salep, yang dapat membuat kulit sedikit lebih lembab dan mengurangi gatal yang ditimbulkan.

Anda mungkin bisa menemukan berbagai macam obat untuk eksim atopik, tetapi Anda juga patut berhati-hati karena tidak semua obat cocok dan aman untuk jenis kulit tertentu terutama anak-anak. Waspada terhadap produk abal-abal yang tidak memiliki izin edar karena bisa menimbulkan bahaya, bahkan bisa membuat penyakit yang diderita bertambah parah.

Jadi, telitilah sebelum Anda membeli obat untuk eksim, karena jika sampai salah pilih maka akibatnya bisa fatal. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.
Kunjungi Artikel Lainya :
Obat Eksim Kering dan juga Obat Eksim Di Apotik 

Posted by: Aku Ingin Sehat

No comments:

Post a Comment