Header Ads

Kista : Penyebab, Gejala, Pengobatan

Kista : Penyebab, Gejala, Pengobatan - Kista adalah kantong abnormal berisi cairan, yang dapat terbentuk di berbagai bagian tubuh termasuk kulit, alat kelamin dan organ internal. Ukuran kista sangat bervairasi dari mulai kantung kecil sampai ke kantung besar berisi beberapa liter cairan.
Gejala umum dari kista adalah pembengkakan di sekitar daerah yang terdapat kista. Kista dapat terasa menyakitkan bagi sebagian orang, namun tidak jarang kista juga tidak menyebabkan rasa sakit. Kadang-kadang, tergantung pada penyebab dan lokasi, kista mengandung bahan semi-padat atau padat (tidak hanya berisi cairan).

Kista dapat berpotensi untuk berkembang menjadi kanker, meskipun sebagian besar kista bersifat jinak. Dan perlu Anda ketahui juga, tidak semua benjolan pada tubuh merupakan kista, oleh sebab itu pemeriksaan ke dokter ahli sangat diperlukan untuk mengetahui apakah benjolan yang Anda miliki merupakan kista atau bukan.

Penyebab kista

Kebanyakan kista terbentuk tanpa alasan yang jelas. Beberapa penyebab yang diketahui dapat membentuk kista meliputi:

  • Saluran tersumbat, yang menyebabkan penumpukan cairan
  • Sebuah cacat dalam sel
  • Cedera pada pembuluh darah
  • Parasit
  • Infeksi
  • Tumor
  • Kondisi peradangan kronis
  • Kondisi genetik


Gejala kista

Sebagian besar atau kebanyakan kista bersifat jinak dan tidak menyebabkan gejala apapun, tetapi beberapa kasus kista dapat menghasilkan gejala karena ukuran atau lokasi mereka. Gejala kista tergantung pada lokasi dimana kista tersebut tumbuh. Misalnya, kista ovarium, dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi, nyeri panggul, dan hubungan seksual yang menyakitkan. 

Sementara itu, kista di payudara dapat menyebabkan nyeri pada payudara atau benjolan pada payudara. Pada kasus yang jarang, kista dapat dikaitkan dengan tumor ganas (kanker) atau infeksi serius. Jika Anda khawatir tentang benjolan abnormal yang Anda miliki, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk memastikan apakah kista atau bukan.

Pengobatan kista

Pengobatan untuk kista akan tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis kista, lokasi tumbuhnya kista, ukuran kista, dan tingkat ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kista. Sebuah kista yang sangat besar yang menyebabkan gejala ketidaknyamanan biasanya diangkat dengan operasi. Kadang-kadang dokter dapat memutuskan untuk menguras kista dengan memasukkan jarum atau kateter ke dalam rongga.

Tidak peduli berapa besar ukuran kista, meskipun kista berukuran kecil sekalipun kista tetaplah penyakit yang berbahaya. Jadi, kita tetap harus waspada terhadap penyakit ini. Dengan adanya informasi yang kami sampaikan, semoga bisa membantu Anda untuk lebih memahami tentang kista.
baca Juga: Obat Kista Di Apotik

Posted by : Aku Ingin Sehat

No comments

Powered by Blogger.